Memahami Makna Ayat Quran lewat Kolaborasi QuranIDproject dan Muslim Pro

Di dalam sebuah ruangan, terdengar lantunan terjemahan ayat Quran yang merdu dan syahdu. Tampak sosok pria sedang membacakan terjemahan ayat Quran di pojok ruangan. Di pojok seberangnya, seorang pria tampak menekuni layar smartphone di tangannya dan menyimak terjemahan ayat Quran tersebut dari suatu aplikasi. Sementara di sisi lainnya, seorang pria sibuk dengan layar laptop sambil mengecek audio dan yang satu lagi menekuni buku tafsir Quran.


Walaupun tampak tenggelam dalam kesibukan masing-masing, tapi semuanya memiliki tujuan yang sama: Memastikan rekaman audio terjemahan ayat Quran memiliki kualitas sempurna dan selesai sesuai target. Suasana di balik layar proses perekaman audio terjemahan ayat Quran ini tak akan ada tanpa kolaborasi menawan antara Quran Indonesia Project (QuranIDproject) dan Muslim Pro.

Gagasan di balik kolaborasi ini adalah agar masyarakat Muslim di Indonesia dapat memahami lebih baik makna di balik ayat-ayat suci Quran yang selama ini dilantunkan. Tak main-main, proyek yang digarap serius ini melibatkan aktor terkenal, Teuku Wisnu sebagai kontributor pengisi suara terjemahan. 

QuranIDproject sendiri sudah tak asing lagi dengan proyek rekaman audio ayat Quran dalam bahasa Arab, Indonesia, dan Inggris. Visi yang diusung pun tak main-main, QuranIDproject bertekad ingin memudahkan akses publik terhadap Quran dan terjemahannya melalui teknologi modern. Tak hanya itu, QuranIDproject juga mengajak anak muda untuk berkarya dan berbagi dengan sesama.

Visi dan misi yang diusung QuranIDproject tentunya sejalan dengan Muslim Pro yang ingin memudahkan umat Islam dalam beribadah di era digital.

Sebagai salah satu aplikasi mobile islami terbaik, Muslim Pro menawarkan fitur lengkap, mulai dari penanda waktu salat berdasarkan lokasi tertentu, lantunan suara azan, kompas arah kiblat, serta full audio Alquran lengkap dengan terjemahan dalam 15 bahasa. 


Dalam proses perekaman audio terjemahan 6.236 ayat Quran yang memakan waktu hingga tiga minggu ini, Teuku Wisnu berkomitmen merekam suara setiap hari. Tantangan terbesar yang dihadapi, tentunya bukan hanya stamina, tapi juga menyiasati mood agar pembacaan terjemahan juga bisa dihayati dengan baik. Apalagi proses perekaman dilakukan mulai jam 7 pagi hingga 6 sore.

Archie Wirija, selaku produser QuranIDproject dalam perekaman audio terjemahan ayat Quran ini juga menuturkan bahwa project ini sangat menarik dan sekaligus juga menantang.

Archie Wirija dan Teuku Wisnu beserta tim QuranIDproject (Foto: Quran Indonesia Project)

“Jika dulu kami merekam audio untuk Quran dalam Bahasa Arab, Indonesia, dan Inggris selama empat tahun dengan 400 orang kontributor, kini Muslim Pro dan QuranIDproject ingin membuat terjemahan bahasa Indonesia saja. Menariknya, 6.236 ayat tersebut dibacakan oleh satu orang saja dan dalam prosesnya memakan waktu kurang dari sebulan. Tentunya talent juga harus bagus, artikulatif, ekspresif, dan profesional. Teuku Wisnu memiliki pengalaman sebagai voice talent yang bisa menyampaikan narasi tapi dengan kemasan yang bagus. Tantangannya tentunya adalah endurance agar artikulasi dan ekspresi saat membacakan ayat juga tetap tersampaikan dengan baik,” jelas Archie. 

Di balik semua ikhtiar yang dilakukan, tentunya Muslim Pro dan QuranIDproject serta Teuku Wisnu sebagai kontributor pengisi suara terjemahan Quran, ingin memberikan yang terbaik bagi umat Islam dan para pengguna fitur Quran dalam aplikasi Muslim Pro versi Premium.

Semoga kini kita tak lagi hanya bisa mendengarkan makna ayat suci Quran dalam Bahasa Indonesia, tapi juga lebih memahami makna mendalam di baliknya. Selamat menikmati fitur terbaru di Muslim Pro Premium ini!