Kebiasaan Sehat Nabi Muhammad ﷺ

Nabi Muhammad ﷺ telah menjadi teladan bagi umat Muslim. Mengikuti kebiasaannya sehari-hari adalah sunnah. Tentunya hal ini tidak hanya memiliki manfaat spiritual saja, tapi juga manfaat fisik dan fisiologis.


“Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.” (Al-Ahzab 33:21)

Banyak manfaat yang bisa diambil dari berbagai kebiasaan berikut dan juga telah diakui secara ilmiah. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Bangun di pagi hari

Setiap hari, Nabi Muhammad ﷺ selalu bangun di saat fajar dan salat Subuh setelah azan. Menjadi orang yang selalu bangun pagi telah terbukti secara ilmiah menghasilkan produktivitas yang lebih baik. Begitu pula dengan kesehatan mental secara keseluruhan.

Ia juga salat beberapa rakaat di rumahnya dan berbaring menghadap ke kanan sambil menunggu panggilan untuk memimpin salat.


2. Makan perlahan dan tak berlebihan

Makan perlahan dan tak berlebihan untuk mencegah penyakit ditekankan oleh Nabi Muhammad ﷺ dan hal ini kini telah sangat didukung secara ilmiah. 

Konsep makan dalam Islam yang menerapkan ‘⅓ untuk makanan, ⅓ untuk cairan, dan ⅓ untuk udara’ sangat mirip dengan konsep ‘hara hachi bu’ dari Jepang, yang berarti makanlah hingga perut terisi 80 persen.

Makan perlahan juga akan membantu kita agar menyantap makanan lebih sedikit dan memperbaikin sistem pencernaan. Ini adalah kebiasaan yang dilakukan Nabi Muhammad ﷺ dan sangat dianjurkan.

3. Berpuasa

Berpuasa adalah kebiasaan yang dilakukan Nabi Muhammad ﷺ secara teratur dan tidak hanya saat Ramadan. Ia akan berpuasa setiap Senin dan Kamis, dan juga di hari ke-13, 14, dan 15 di perhitungan bulan Islam.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai, 2320)

Ini sama halnya dengan menjalankan puasa selang-seling, yang telah terbukti dapat menyeimbangkan kadar hormon, mencegah stres oksidatif, dan menurunkan peradangan secara keseluruhan. 

4. Minum dalam 3 tegukan

Nabi Muhammad ﷺ mengatakan untuk tidak minum dalam sekali tegukan seperti seekor unta. Minumlah dengan tiga kali tegukan kecil.

Kini, penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum air terlalu banyak dalam periode yang singkat dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar elektrolit dalam darah dan mengalami pusing. Minum dengan perlahan akan membantu tubuh menyerap cairan dan mengoptimalkan manfaat.

5. Mengonsumsi buah delima

Buah delima yang menjadi favorit Nabi Muhammad ﷺ mengandung mangan. Kandungan tersebut membantu pembentukan struktur tulang selama proses metabolisme tubuh. Selain itu delima juga mengandung potasium yang membantu menjaga fungsi seluler tubuh dan mempertahankan keseimbangan kadar cairan.

Buah delima juga mengandung banyak flavonoid dan polifenol, sejenis antioksidan yang melindungi tubuh dari penyakit jantung.

6. Mengonsumsi Kurma

Kurma adalah santapan yang tepat untuk berbuka puasa karena dapat menstabilkan kadar gula darah, mengembalikan keseimbangan kadar elektrolit darah, dan membantu sistem pencernaan lebih siap untuk menerima makanan.

Kurma kini terbukti meningkatkan produksi oksitoksin dalam tubuh dan mempercepat prosesnya. Nabi Muhammad ﷺ juga berkata:

“Tidak akan lapar penghuni rumah yang memiliki kurma.” (HR. Muslim)

7. Tetap aktif

Untuk dapat memenuhi tiga dari lima Rukun Islam, seorang Muslim membutuhkan kesehatan dan kebugaran. 

Salat sendiri merupakan salah satu bentuk olah fisik yang membutuhkan pergerakan otot dan sendi. Tubuh yang sehat juga dibutuhkan jika kita berniat untuk berpuasa atau menunaikan ibadah haji. Selain itu, Nabi Muhammad (SAW) juga sangat menganjurkan untuk melakukan olahraga.

8. Hindari tidur tengkurap

Karena bobot tulang belakang, orang dewasa dan bahkan bayi tidak dianjurkan untuk tidur tengkurap oleh dokter. Cara tidur seperti ini juga berdampak pada organ dan tulang belakang. 

“Suatu malam, Rasulullah ﷺ keluar untuk mengecek tamu-tamunya, dan melihatku tidur tengkurap. Kemudian ia mendorongku dengan kakinya seraya berkata, “Jangan berbaring seperti ini. Ini adalah cara tidur yang tidak disukai oleh Allah.” (HR. Tirmidzi, 2798)

9. Berbagi makanan dengan sesama

Nabi Muhammad ﷺ selalu berdakwa tentang manfaat berbagi. Ia menganjurkan untuk berbagi makanan dengan tetangga, teman-teman, dan sesama yang tak mampu. Prinsip ini dapat meningkatkan kesehatan masyarakat secara general dan tentunya tak lepas dari kebiasaan dan gaya hidup Nabi Muhammad ﷺ yang patut kita syukuri.

10. Mengonsumsi madu

Madu adalah pengobatan alami untuk hampir segala jenis penyakit. Setiap pagi, Nabi Muhammad ﷺ terbiasa mengonsumsi segelas air putih dicampur madu. Madu cukup diperhitungkan untuk mengobati hampir berbagai jenis penyakit, dari mulai mengatasi masalah di perut, meningkatkan nafsu makan, hingga menekan dahak.

Nabi Muhammad ﷺ berkata,

“Terapi pengobatan itu ada tiga cara, yaitu; berbekam, minum madu, dan kayu (menempelkan besi panas pada daerah yang terluka).” (HR. Bukhari, 5681)