5 Tips Mengisi Waktu Anda Agar Lebih Bermakna di Masa Pandemi

Mengatur waktu dan hubungan memang tak pernah mudah dilakukan. Entah itu hubungan dengan diri sendiri, hubungan antara teman dan keluarga, dan yang paling penting, hubungan pribadi dengan Allah (SWT).


Selama pandemi, hal ini menjadi sangat menantang karena banyak orang merasakan tekanan dari segala arah. Terlebih lagi sekarang, kondisi yang mengharuskan kita untuk bekerja secara remote juga berdampak pada banyak orang di berbagai penjuru dunia. Kita juga dituntut untuk menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan kondisi di luar sana.

Dengan waktu yang lebih banyak dihabiskan di dalam ruangan, Anda mungkin mengira bahwa membina hubungan akan menjadi hal yang lebih mudah. Namun kenyataannya tidak selalu demikian. Jika tidak segera tersadar untuk melakukan kebiasaan sehat demi memelihara hubungan ini, kita malah bisa terperangkap dalam kegiatan yang membuang-buang waktu –yang sering disalahartikan sebagai waktu untuk bersantai.

Panduan berikut mungkin bisa Anda pertimbangkan untuk membantu mengembangkan diri agar menjadi lebih seimbang dan bermakna:

Al-Quran: Kunci untuk Keutuhan Keluarga 

Selain melaksanakan salat sehari-hari, keluarga yang memiliki kebiasaan membaca Al-Qur’an bersama-sama juga akan menjadi solid. Sebagai kegiatan keluarga, mengaji bersama dapat menciptakan lebih banyak kesempatan bagi satu sama lain untuk saling berinteraksi, sehingga dapat memperkuat ikatan keluarga selain juga dapat memantapkan ketakwaan spiritual seseorang kepada Allah (SWT).


Sebagai hal yang juga dilakukan secara pribadi, menambah waktu untuk membaca Al-Qu’ran juga dapat membuka jalan agar lebih dekat dengan Allah (SWT).

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri.(Surah An-Nisa 4:36)

Banyak membaca Al-Qur’an dan merencanakan kegiatan keagamaan secara teratur adalah cara untuk menjalankan hal di atas. Pada aplikasi Muslim Pro, dengan memilih pengaturan individu dan grup, para orang tua dapat merencanakan Khatam Al-Qur’an untuk anak-anak dan dengan mudah memantau perkembangan anak dalam membaca Quran.

Islam yang Tak Hanya Sebatas Ritual

Manfaatkan kesempatan di masa pandemi ini untuk lebih banyak belajar tentang Islam daripada hanya menonton reality show online. Kita bisa mempelajari mulai dari fakta sejarah hingga agama dan bahkan mengetahui berbagai fakta baru setiap hari lewat seri kartu ‘Tahukah Anda’ di aplikasi Muslim Pro.

Informasi kecil seperti itu dapat menjadi suatu permulaan dan berpotensi memicu pertanyaan yang lebih dalam tentang Islam. Anda bisa menjadikannya sebagai batu loncatan untuk mencari sumber lain, baik secara online maupun offline.

Bepergian Secara Virtual

Di masa pandemi ini, Anda juga dapat memperluas wawasan secara virtual. Bagi mereka yang ingin bepergian dan melintasi batas fisik di seluruh dunia, ada cukup waktu untuk merencanakan rencana perjalanan berikutnya.

Sementara itu, sambil tetap berada di tempat Anda yang aman, nikmati siaran langsung dari Mekah untuk menjelajahi salah satu situs Islam paling suci ini. Anda juga dapat sambil mempelajari lebih lanjut tentang ritual tertentu yang hanya terjadi di sana. Ambil posisi yang nyaman dan nikmati pemandangan kota yang berbeda dari udara tanpa harus beranjak dari sofa. Anda bahkan bisa melakukannya di sela-sela saat istirahat di tengah jadwal pekerjaan yang padat.

Menghidupkan Semangat

Dengan jutaan video dan berbagai sumber yang tersedia secara online dan gratis, tidak ada alasan untuk tidak dapat menghidupkan kembali minat dan hobi Anda di masa lalu. Bahkan jika Anda hanya ingin sekadar memuaskan keingintahuan akan suatu budaya, bahasa, atau bahkan filsafat, pun bisa dilakukan.

اِقۡرَاۡ بِاسۡمِ رَبِّكَ الَّذِىۡ خَلَقَ​ۚ‏ 

“Recite in the name of your Lord Who created.” (Surah Al-Alaq:96)

Sebagaimana disebutkan dalam ayat Al-Qur’an di atas, adalah kewajiban kita sebagai bagian dari umat untuk melaksanakan salah satu pilar Islam.

Terhubung dengan Umat

Jalinlah hubungan dengan umat Islam di berbagai penjuru dunia dengan saling berbagi. Terhubung dengan komunitas online dapat semakin membuat umat menjadi solid karena bersama-sama terus belajar secara aktif.

Berbagai platform media sosial juga memberikan kesempatan untuk terhubung dengan luar lingkaran keluarga dan teman terdekat. Ini tentunya berpotensi menyoroti masalah sosial tertentu yang terjadi di seluruh dunia.

Penulis: Helmy Bin Sa’at

Diterjemah oleh: Jasmine