Makan Sehat Seperti Nabi Muhammad ﷺ Selama Pandemi Ini

Dalam situasi COVID-19 yang masih menghantui dunia, banyak dari kita yang terjebak di rumah hampir sepanjang hari, bergulat antara pekerjaan dan tanggung jawab lainnya. Memikirkan menu makanan hari ini juga bisa menjadi tantangan yang dihadapi setiap hari. Pun, kita mungkin tergoda untuk mengesampingkan makanan sehat ketika dihadapkan dengan kebutuhan yang lebih mendesak, mulai dari emosional hingga finansial.


Mengonsumsi makanan bergizi seimbang merupakan hal penting demi menjaga kesehatan fisik dan juga vital dalam mendukung kesehatan mental. Mengetahui bagaimana cara menyajikan makanan bergizi seimbang dan memenuhi kebutuhan harian dapat membuat proses ini terasa lebih mudah. Bonusnya, kita juga dapat meningkatkan kesehatan untuk jangka panjang.

Ternyata, kebiasaan makan yang sehat juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad ﷺ kita yang tercinta. Berikut daftar 5 makanan favorit Nabi beserta manfaatnya bagi kesehatan yang bisa kita pertimbangkan untuk dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

Kurma

Siapa yang tidak mengenal kurma? Buah lezat ini tumbuh dari pohon kurma (Phoenix dactylifera) dan berasal dari daerah Timur Tengah. Meskipun kurma mengandung gula alami yang cukup tinggi, buah ini juga mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan dalam kandungan makanan kita sehari-hari. Kurma kaya akan serat, Vitamin B-6 dan mineral seperti zat besi, kalsium, kalium, mangan, dan tembaga. Sebuah studi dari International Journal of Clinical and Experimental Medicine menyatakan bahwa kurma juga menunjukkan peran dalam pencegahan penyakit dengan adanya kandungan anti-oksidan, anti-inflamasi, dan anti-bakteri.

Bicara tentang kurma, Nabi Muhammad ﷺ biasa mengkonsumsi tujuh kurma setiap hari dan menganjurkan kita untuk mengkonsumsinya juga.


Diriwayatkan oleh Sa’d, Rasulullah ﷺ bersabda,

“Barang siapa yang makan tujuh buah kurma Ajwa di pagi hari, pada hari tersebut orang itu tidak akan terkena racun dan juga sihir.” [Bukhari 5445]

Madu

Orang-orang telah menggunakan madu dalam pengobatan tradisional selama ratusan tahun. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, madu berkualitas tinggi mengandung banyak antioksidan penting. Ini termasuk asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid. Para ilmuwan percaya bahwa kombinasi senyawa ini menjadikan madu memiliki antioksidannya. Antioksidan telah dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung, stroke, beberapa jenis kanker, dan juga dapat meningkatkan kesehatan mata.

Nabi biasa minum segelas air yang dicampur dengan madu setiap pagi. Seperti yang dia katakan dalam sebuah hadits,

“Kesembuhan itu ada dalam tiga hal, minum madu, bekam, dan kay (sundutan api). Aku melarang umatku berobat dengan kay.” [Bukhari 5681]

Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah minyak alami yang diekstrak dari buah zaitun yang berasal dari pohon zaitun. Para ahli sepakat bahwa minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama minyak zaitun extra virgin yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung. Selain itu juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, melindungi dari kolesterol “jahat” LDL (low-density lipoprotein), partikel dari oksidasi meningkatkan fungsi pembuluh darah. Kabar baik lainnya juga adslah minyak ini tidak menyebabkan penambahan berat badan jika Anda menggunakannya untuk memasak. Dalam penelitian selama 30 bulan pada lebih dari 7.000 mahasiswa Spanyol, mengonsumsi banyak minyak zaitun tidak dikaitkan dengan peningkatan berat badan.

Zaitun juga merupakan salah satu makanan favorit Nabi Muhammad ﷺ. Diriwayatkan dari Umar bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,

“Makanlah minyak zaitun dan pijatlah di atas tubuh Anda karena ini adalah pohon suci (mubarak)” [Ibnu Majah 3319]

Susu

Penelitian baru dari University of South Australia menilai biomarker genetik di antara lebih dari 400.000 orang. Studi ini menemukan bahwa konsumsi susu yang lebih tinggi dikaitkan dengan kolesterol darah, kadar lipid darah, dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Terlepas dari penelitian itu, orang yang memiliki pola makan kaya susu serta produk olahannya dapat mengurangi risiko kepadatan massa tulang yang rendah karena kondisi tulangnya kaya akan kalsium. Makanan dalam kelompok susu memberikan nutrisi penting, termasuk kalsium, kalium, vitamin D, dan protein.

Nabi Muhammad ﷺ juga suka mengonsumsi susu kambing dan unta. Susu juga bahkan disebutkan dalam Al-Qur’an:

“Dan sesungguhnya bagimu dalam menggembalakan ternak itu ada pelajaran. Kami Dan sungguh, pada hewan ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang ada dalam perutnya (berupa) susu murni antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang yang meminumnya. [QS, An-Nahl 16:66]

Barley

Barley adalah biji-bijian yang menjadi sereal utama dan merupakan salah satu biji-bijian pertama yang dibudidayakan, terutama di Eurasia sejak 10.000 tahun yang lalu. Menurut Journal of Food and Drug Analysis, studi epidemiologis secara konsisten menunjukkan bahwa konsumsi gandum secara teratur dapat mengurangi risiko pengembangan penyakit kronis. Selain itu juga dapat memerangi penyakit terkait nutrisi umum termasuk kanker, penyakit kardiovaskular, diabetes, dan obesitas. Nabi ternyata juga pernah mengonsumsi jelai dalam bentuk roti dan bubur.

“Rasulullah menemuiku bersama Ali. Ketika itu Ali sedang sakit dan belum sembuh total. Kami memiliki buah anggur yang tergantung. Kemudian Rasulullah memakannya. Ali pun bangkit untuk ikut makan. Tetapi Rasulullah melarangnya dan berkata kepada Ali, jangan, kau ini baru sembuh dari sakit.’ Ali pun berhenti dan tak jadi makan. Kemudian aku memasak gandum dan gula, lalu kubawa masakan itu menghadap Rasulullah. Beliau lalu bersabda, ‘Wahai Ali, makanlah ini, karena ini lebih bermanfaat bagimu.” [Ibn Majah 3442]

Makanan sehat ini tentunya tidak terbatas untuk dikonsumsi di masa pandemi saja. Kita dapat menjadikannya sebagai kebiasaan sehat yang melekat dalam kehidupan sehari-hari seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad ﷺ dan merasakan manfaat dari segi kesehatan sambil mempraktikkan sunnah Nabi. Semoga Allah selalu melindungi dan memberkahi kita semua dengan kesehatan dan kebahagiaan. Aamiin.

Ditulis oleh: Hessy Trishandiani